Kesenian Musik Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo adalah salah satu provinsi yang ikut berpartisipasi dalam Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara 2012. Provinsi yang tampil pada hari ke-3 atau hari terakhir Festival yang diperuntukkan bagi remaja itu menyajikan penampilan musik tradisional yang dikemas dengan sebuah alur kisah yang menceritakan cerita rakyat di Gorontalo. Sedikit bernuansa mistis dengan seorang  pemuda yang masuk pertama setelah tirai panggung terbuka, memanggil-manggil dengan bahasa daerah.

Pembuka penampilan

Kemudian beberapa pemusik lainnya memasuki panggung, dengan bunyi-bunyian alat musik tradisional sarat dengan nuansa pedesaan mantap mengantarkan para penonton berimajinasi tentang cerita yang sedang disampaikan.

Penembang lagu daerah yang tetap mendukung alur cerita juga ditampilkan dengan kostum yang memperlihatkan kebangsawanan dari Gorontalo.

Seiring dengan lagu yang dinyanyikan oleh dua orang penyanyi lagu daerah, empat penari tradisional masuk dengan menarikan tarian yang sungguh berbeda dari biasanya, menunjukkan bagaimana kayanya kesenian di Nusantara ini, karena penampilan kali ini cenderung jarang disaksikan bila dibandingkan dengan kesenian-kesenian daerah lain yang  sangat dipengaruhi oleh akses untuk menyaksikannya.

Persembahan dari provinsi Gorontalo ini mengemas komposisi musik yang juga menyuguhkan beat modern bertempo cepat yang diaransemen dengan menggunakan alat-alat musik tradisional Gorontalo dimainkan secara rampak.

About these ads

One comment

  1. [...] berkreasi dengan musik tradisional dari daerah masing-masing. Hari ke-tiga ini dimeriahkan dengan, Penampilan Provinsi Gorontalo, Penampilan Provinsi Sulawesi [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 137 other followers