Kesenian Musik Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara menampilkan kreasi mereka dalam Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara 2012 yang juga pada hari penutupan, tak kalah memberi warna yang memperindah karya-karya musik – tradisional- Nusantara.

 Diawali dengan pemusik tradisional yang memainkan alat musik serupa gambus diikuti dengan lampu panggung yang semakin terang. Seperti yang hampir dimiliki seluruh daerah di Nusantara, Sulawesi Tenggara juga memiliki tradisi senandung tradisional yang berbahasa daerah. Panggung yang masih sepi diisi dengan seorang pemusik dan gadis bersenandung yang memenuhi Gedung Kesenian Jakarta, tempat Festival tersebut dilaksanakan.
Juga membawa suasana masyarakat adatnya, penampil dari Sulawesi Tenggara ini juga mengemasnya dengan menampilkan kombinasi kesenian-kesenian yang ada, mulai dari kesenian tari, musik dan sangat memukau menampilkan seni bela diri khas Sulawesi Tenggara. Peragaan bela diri antara dua pemuda yang bersenjata tajam terlihat lihai menggunakan senjata tersebut. Untuk meyakinkan penonton, batang pisang yang menjadi properti di atas panggung ditebas. Sebuah pertunjukan yang padat dan penuh kejutan disajikan apik oleh delegasi Provinsi Sulawesi Tenggara ini. Remaja-remaja terlihat sangat mantap 
memainkan alat musik-alat musik yang ada seperti gong, alat musik dari bambu, serta gendang khas Sulawesi Tenggara yang dimainkan khusus oleh empat orang dengan groove cepat seakan mengajak yang ada di gedung ikut berjoget, berdendang.

Sebagai salah satu kesenian – yang  bila dibandingkan – dengan kesenian-kesenian dari daerah lain di Nusantara, yang ditampilkan oleh perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara ini cukup menakjubkan dan memberi warna tersendiri bagi khazanah musik tradisi di Nusantara.

One comment

  1. […] Selama tiga, hari dua puluh kelompok remaja yang berasal dari delapan belas provinsi yang mengirimkan perwakilannya untuk tampil di festival bergengsi tahunan ini, akhirnya pada Kamis, 4 Oktober 2012 berakhir. Pada hari terakhir ini ada tersisa enam kelompok remaja yang mendapat giliran untuk unjuk kemampuan dan kreativitasnya dalam berkreasi dengan musik tradisional dari daerah masing-masing. Hari ke-tiga ini dimeriahkan dengan, Penampilan Provinsi Gorontalo, Penampilan Provinsi Sulawesi Tenggara, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s