Visualiasi Tanah Leluhur

Bertepatan dengan umurnya yang ke-20 Galeri Foto Jurnalistik ANTARA menggelar salah satu acara akbar di penghujung tahun 2o12 ini. Pameran BATAK: Perjalanan Ke Tanah Leluhur bersanding dengan pameran KE-MERDEKA-AN. Tepat pada tanggal 20 Desember 2012, resmilah dibuka pameran yang meliputi Pameran Fotografi, Peluncuran Buku & Penayangan Perdana Film.IMG_5968Jika bagian KE-MERDEKA-AN diisi dengan pameran foto yang dilengkapi dengan tulisan pendek mengenai kemerdekaan, kebebasan, sisi ruang Galeri Antara yang bercerita tentang Batak tak hanya dengan foto, juga film serta karya seni rupa berupa patung, senjata tradisional dan kain ulos asli dari Tanah Batak, bahkan juga acara peluncuran yang dibanjiri pengunjung malam itu dipuaskan dengan hidangan tambahan khusus khas daerah Batak. Audio malam itu juga diisi dengan suara Gondang Batak yang bertalu meriah dilanjutkan dengan penampilan dari Gugun Blues Shelter dan beberapa group band lainnya yang menyuarakan Blues for Freedom sebagai representatif dari pameran foto dengan tajuk satunya.

IMG_5966

Media visual memang memberikan kesan tersendiri dan cerita lebih. Pameran yang bercerita dengan sangat indah melalui karya dari Tim Tanah Air yang terdiri dari Arnold Simanjuntak, Budi Chandra, Hasiholan Siahaan, Diana Putri, Sihol Sitanggang dan Mahatma Putera yang mendokumentasikan budaya Batak melalui film dokumenter. Meski dunia fotografi pada saat ini menjadi tren yang sangat menjamur, di pameran tersebut tetap menyajikan bidikan-bidikan gambar kelas atas yang lebih bercerita dan memukau. Tren yang sedang ada di sekitar kita menunjukkan pula bahwa pameran karya visual seperti ini lebih mudah dan menangkap minat-minat orang untuk mengetahui apa yang sedang disampaikan. Pada hal ini khususnya, sangat berguna untuk generasi muda, karena melalui visualisasi ini merupakan pendokumentasian yang sangat relevan dengan zamannya dan sangat bisa memancing dan menjadi bahan pembelajaran akan nilai-nilai budaya luhur kita.

IMG_5954

Sejak tanggal dibukanya pameran ini, akan ada tiga belas hari lagi di tahun 2013 kesempatan untuk mengunjunginya, dan itu hanya di Galeri Antara. Mari nikmati.

(L/Y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s